HFIS
PT. SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO)

Media Massa / 28 Januari 2016

Di 2015, SMF salurkan pembiayaan Rp 3,5 triliun

JAKARTA. Meski pada tahun 2015 industri keuangan mengalami tantangan berat dalam menyalurkan kredit perumahan, namun aliran dana pembiayaan dari PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) masih terus mengucur ke lembaga penyalur KPR.
Sepanjang tahun 2015, perusahaan pembiayaan sekunder perumahan ini menyalurkan pinjaman sebesar Rp 3,51 triliun. Angka ini meningkat sekitar 16,6% dari capaian tahun sebelumnya yang mencapai Rp 3 triliun.
Direktur Utama SMF Raharjo Adisusanto mengatakan, masih moncernya pembiayaan perusahaan didorong oleh kerja sama yang makin luas dengan kalangan Bank Pembangunan Daerah (BPD). “Ada sejumlah kerja sama baru dengan beberapa BPD yang dilaksanakan tahun lalu,” kata dia, Kamis (28/1).
Beberapa bank daerah yang menerima pembiayaan dari SMF di tahun kemarin diantaranya BPD Jateng, BPD Kalbar, hingga BPD DIY Yogyakarta.
Secara total, sejak tahun 2006 lalu SMF sudah mengalirkan dana sebesar Rp 20,25 triliun ke pasar pembiayaan primer perumahan sampai 2015 kemarin. Dari jumlah ini, sebanyak Rp 14,6 triliun disalurkan berupa pinjaman langsung ke penyalir KPR. Sementara Rp 5,6 triliun lainnya melalui sekuritisasi.
Reporter Tendi Mahadi Editor Dikky Setiawan
PEMBIAYAAN PERUMAHAN
http://keuangan.kontan.co.id/news/di-2015-smf-salurkan-pembiayaan-rp-35-triliun

×