HFIS
PT. SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO)

Berita / 11 Oktober 2021

Dinilai Berdampak Positif Mendukung UMKM, Program “HOME” Kolaborasi SMF dan PNM Diparesiasi Komisi XI DPR RI

Program pembiayaan mikro perumahan HOME (Hunian Mikro Mekaar) hasil sinergi lintas BUMN SMF dan PNM mendapatkan apresiasi dari Komisi XI DPR RI. Program pembiayaan bagi nasabah Mekaar binaan PNM untuk merenovasi rumah yang juga dijadikan sebagai tempat usaha atau mendukung usaha tersebut dinilai dapat memberikan dampak dalam mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya di masa pandemi.

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga dalam Rapat Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI di KPPBC Tanjung Mas, Semarang (4/10/2020).Menurut Eriko, pandemi Covid-19 yang berdampak di seluruh belahan dunia tidak hanya berimbas pada kesehatan namun juga perekonomian. Termasuk meningkatnya kemiskinan dan pengangguran di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah.

Hadirnya Program HOME SMF dan PNM dinilai dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat. “Kebijakan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian seperti yang dilakukan PT SMF dan PT PNM perlu diperluas jangkauannya karena sangat berdampak bagi peningkatan ekonomi kerakyatan,” katanya.

Eriko mengungkapkan bahwa dalam rapat tersebut ia mendapatkan informasi dalam laporan yang disampaikan bahwa melalui program pembiayaan mikro ini 10 juta usaha baru di Jateng. “50 persen ekonomi kita ditopang oleh UMKM, dengan program ini yang maka ekonomi kerakyatan bisa semakin maju bahkan hanya dengan di rumah saja,” Ungkap Eriko.

Dalam rapat kunjungan kerja tersebut Rombongan Komisi XI DPR RI hadir dipimpin oleh Ketua Tim yaitu Musthofa disambut oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Hubungan Kelembagaan Kementerian Keuangan, Rina Widiyani Wahyuningdyah yang didampingi seluruh Kepala Kantor Wilayah Kemenkeu Jawa Tengah, Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo, dan Direktur Utama PNM, Arief Mulyadi. Turut hadir juga Sekda Provinsi Jawa Tengah, Bapak Prasetyo Ari Wibowo, beserta jajarannya.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula masyarakat penerima manfaat Program HOME yang dapat berdialog langsung dengan para anggota dewan. Selain itu para para masyarakat yang hadir berkesempatan untuk memamerkan produk UMKM mereka di depan lobby ruang rapat.

Sedianya Program HOME bagian dari pelaksanaan perluasan mandat yang diterima SMF dari Pemerintah untuk mendukung peningkatan kapasitas penyaluran pembiayaan perumahan berkesinambungan. Harapannya agar masyarakat berpenghasilan rendah mendapatkan akses untuk memperoleh hunian yang layak dan terjangkau menjadi semakin terbuka lebar.

Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo  mengungkapkan bahwa program ini merupakan komitmen Perseroan dalam membantu masyarakat kecil dalam memperoleh haknya untuk mendapatkan pembiayaan perumahan yang sekaligus digunakan sebagai tempat usaha yang layak dan terjangkau. “Melalui program kolaborasi ini negara hadir untuk mendukung peningkatan ekonomi masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

 

×