HFIS
PT. SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO)

Media Massa / 7 September 2017

AFIS: Persiapkan Asia sebagai destinasi investasi

KONTAN.CO.ID – Asia Fixed Income Summit (AFIS) ke-IV dihelat di Nusa Dua, Bali pada Kamis (7/9). Pada hajatan kali ini, PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) didapuk sebagai penyelenggara mewakili Indonesia.

“Summit ini diadakan guna mempersiapkan negara-negara di kawasan Asia untuk menjadi target investasi bagi investor pasar fixed income,” kata Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, Kamis.

Selain itu, Ananta menyebut, acara yang kali ini mengusung tema Asia Investment Destination ini diharapkan dapat menjadi ajang bagi para peserta untuk saling bertukar pikiran terakit isu-isu terkini dalam perekonomian global.

Menurutnya, melalui kegiatan pembiayaan dan pendanaan di pasar modal penting untuk bersama-sama memperkuat peran perusahaan pembiayaan sekunder perumahan dalam menghubungkan negara-negara kawasan Asia.

“Perlu dicatat juga bahwa secondary mortgage market pada dasarnya adalah bagian dari fixed income market,” ujar Ananta.

Sebagai iformasi, dalam lima tahun terakhir, pasar fixed income negara-negara di Asia rata-rata tumbuh dan berkembang dengan yield yang tipis. Sementara pasar fixed income Indonesia masih tumbuh dengan yield yang lebih tinggi sehingga dinilai lebih menarik bagi investor.

Di samping itu, potensi pembiayaan perumahan di Indonesia juga masih sangat besar untuk diterbitkannya Efek Beragun Aset (EBA) Kredit Pemilkan Rumah (KPR). “Sehingga diharapkan investor tertarik berinvestasi pada efek yang diterbitkan oleh PT SMF, baik berupa Surat Utang Korporasi maupun EBA-SP,” imbuh Ananta.

×