HFIS
PT. SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO)

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Sebagai sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perseroan mempunyai kewajiban untuk melaksanakan CSR dalam bentuk Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dengan landasan hukum sebagai berikut :

  • Surat Edaran Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara No. SE-07/MBU/2008 tanggal 05 Mei 2008 tentang Pelaksanaan PKBL dan Penerapan Pasal 74 Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
  • Surat Edaran Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara No. SE-14/MBU/2008 tanggal 30 Juni 2008 tentang Optimalisasi Dana Program Kemitraan melalui Kerjasama Penyaluran.
  • Pasal 74 Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.
  • Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-08/MBU/2013 perihal Perubahan Keempat atas Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-05/MBU/2007 tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara dengan Usaha Kecil dan Program Bina Lingkungan.
  • Surat dari Kementerian BUMN no. S-92/ D5.MBU/2013 perihal Pengelolaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

KEGIATAN 2013

Sepanjang tahun 2013, pelaksanaan program PKBL diutamakan pada kegiatan yang berkaitan dengan sektor perumahan, seperti pembangunan MCK, renovasi sekolah serta pembangunan sarana/prasarana umum dan keagamaan, disamping itu Perseroan juga tetap melakukan pembangunan “manusia”, seperti pada kegiatan pemberian beasiswa pendidikan untuk anak-anak yatim dan kurang mampu, pemberian bantuan gizi dan kesehatan, pemberian bantuan untuk korban bencana alam, pelaksanaan pendidikan/edukasi tentang Pola Hidup Bersih & Sehat (PHBS), pendidikan psikologis bagi anak jalanan secara berkelanjutan serta program-program non-fisik lainnya.

Dalam kegiatan BL yang berkaitan dengan sektor Perumahan, pada tahun 2013 Perseroan menyalurkan sumbangan infrastruktur melalui kegiatan pembuatan MCK di Desa Jampang Tengah, Sukabumi bekerjasama dengan SHARK UI pada 16 Mei 2013, renovasi ruang kelas pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Yayasan Himmata, Plumpang Tanjung Priok Jakarta Utara pada bulan April-September 2013, serta pembangunan ruang pasien pengobatan alternatif sakit jiwa kepada Pesantren Nurul Azhar Cianjur yang telah dimulai pada November 2013.

Di bidang kesehatan, pada 18 Januari 2013 Perseroan mengadakan kegiatan pemberian bantuan kepada korban banjir di daerah Pejaten Timur; kegiatan donor darah yang diikuti oleh karyawan dan masyarakat sekitar lingkungan Perseroan. Kegiatan donor darah pada tahun 2013 telah diadakan sebanyak 3 (tiga) kali pada tanggal 20 Februari, 5 Juni dan 21 November.

Perseroan bekerja sama dengan Komunitas Mitra Medis Indonesia (KIMMI) yang secara berkelanjutan melaksanakan rangkaian kegiatan pembinaan kesehatan mulai dari kegiatan bakti sosial dan pengobatan massal di Jatinegara Kaum pada 24 Maret 2013, penyuluhan narkoba, pengobatan secara berkala untuk Anak Binaan Yayasan Himmata dari bulan Juli sampai Desember 2013. Tidak terbatas wilayah ibu kota saja, Perseroan juga melakukan Pemberian Sumbangan Makanan Tambahan dan Penyuluhan (PMT-P) untuk 120 anak kurang gizi di Bojongkoneng, Sentul.

Di bidang pendidikan, Perseroan memberikan bantuan pendidikan kepada asrama Yatim Hasanah Mohamed Abdul Gaforre, Ciputat, Tangerang Selatan Banten pada tanggal 29 Juli 2013, pemberian sumbangan pendidikan untuk anak binaan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Pejaten Timur, Pasar Minggu pada tanggal 5 Agustus 2013 dan anak Binaan PKU Aisyiyah Blambangan pada tanggal 18 Oktober 2013. Selain itu, Perseroan juga mengadakan kegiatan bina lingkungan berupa pemberian donasi pada Program Beasiswa Berkah anak binaan Baitul Maal Hidayatullah, di Serang, Banten pada tanggal 30 Desember 2013.

 

×