HFIS
PT. SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO)
SMF berkomitmen untuk terus meningkatkan perannya dalam penyediaan dana jangka menengah panjang guna mendukung ketersediaan rumah yang layak dan terjangkau bagi setiap keluarga Indonesia
Ananta Wigoyo
Direktur Utama
SMF memiliki kontribusi penting dalam pembiayaan perumahan melalui kegiatan sekuritisasi, penerbitan surat utang, serta penyaluran pinjaman kepada bank penyalur KPR.

Dalam usaha mewujudkan adanya pasar pembiayaan sekunder perumahan, sejak tahun 1993 Pemerintah melaksanakannya dengan mulai membentuk kelompok kerja di bawah koordinasi Departe­men Keuangan.

Tim ini bekerja secara berkesinambungan sampai dengan semester pertama tahun 2005. Akhirnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2005, tanggal 7 Februari 2005, tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia untuk Pendirian Perusahaan Perseroan (Persero) di Bidang Pembiayaan Sekunder Perumahan serta Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, tanggal 7 Februari 2005 yang diperbaharui dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2008, tanggal 28 Januari 2008, tentang Pembiayaan Perumahan Sekunder, didirikanlah PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero) (“SMF”) pada tanggal 22 Juli 2005 dengan Akta Notaris Imas Fatimah SH nomor 59.

Perseroan disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam keputusan nomor C.20694 H.T.01.01.TH.2005 tanggal 26 Juli 2005, dan telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia nomor 69 tanggal 30 Agustus 2005 Tambahan Berita Negara nomor 9263. Anggaran Dasar Perseroan terakhir telah diubah berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Rapat nomor 114 tanggal 13 Agustus 2008 yang dibuat dihadapan Notaris Sutjipto SH dan telah disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dalam keputusan nomor AHU-94053.AH.01.02. tahun 2008 tanggal 5 Desember 2008.

SERTIFIKASI DAN PENGHARGAAN

SMF memperoleh berbagai pengakuan dan apresiasi dari berbagai lembaga independen untuk pencapaian kinerja maupun tanggung jawab sosial

lihat selengkapnya

TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK

Tata Kelola Perusahaan Yang Baik/Good Corporate Governance (GCG) adalah struktur dan mekanisme yang mengatur pengelolaan perusahaan sehingga menghasilkan nilai ekonomi jangka panjang yang berkesinambungan bagi para pemegang saham maupun pemangku kepentingan. Penerapan prinsip prinsip tata kelola perusahaan yang baik dapat berkontribusi dalam peningkatan kinerja perusahaan. Pemahaman ini mendasari komitmen PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) untuk senantiasa menegakkan penerapan GCG dalam setiap jenjang organisasi dan kegiatan operasionalnya.
  • Transparansi
  • Akuntabilitas
  • Kemandirian
  • Pertanggungjawaban
  • Kewajaran

TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK

Pelaksanaan semua kegiatan telah sesuai dengan prinsip dasar GCG yaitu transparansi, akuntabilitas, kemandirian, pertanggungjawaban dan kewajaran

baca selengkapnya
×