HFIS
PT. SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO)

Press Release / 1 March 2016

Tingkatkan Kapasitas KPR di Riau, SMF Alirkan Dana Rp190 Miliar Kepada Bank Riau Kepri

Tingkatkan Kapasitas KPR di Riau,

SMF Alirkan Dana Rp190 Miliar Kepada Bank Riau Kepri

Pekanbaru, 1 Maret 2016 – PT. Sarana Multigriya Finansial (Persero), atau SMF , untuk pertama kalinya menjalin kerjasama Refinancing  KPR dengan Bank Riau Kepri, dengan mengalirkan dana sebesar Rp190 miliar. Perjanjian ini menegaskan komitmen SMF dalam memperkuat peran tambahan Bank Pembangunan Daerah (BPD), dalam menyalurkan KPR di daerah demi mendukung Program Satu Juta Rumah.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanian oleh Direktur Utama SMF, Raharjo Adisusanto, dan Direktur Utama Bank Nagari, Irvandi Gustary, pada Senin (1/3) di Kantor Pusat Bank Riau Kepri, Pekanbaru, Riau. Penadatanganan tersebut dihadiri juga oleh jajaran Manajemen SMF dan Bank Riau Kepri.

Direktur Utama SMF, Raharjo Adisusanto, mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan komitmen SMF dalam mendukung Program Satu Juta Rumah, melalui penyaluran pinjaman untuk perluasan jangkauan pembiayaan rumah di seluruh Indonesia. Dalam hal ini SMF memberikan likuiditas kepada BPD untuk memperbesar kemungkinan penyaluran KPR di daerah.

“ Kerjasama ini merupakan upaya SMF untuk mendukung Program Satu Juta Rumah, dengan meningkatkan kapasitas penyaluran KPR bagi masyarakat Indonesia melalui BPD.  Dalam hal ini SMF telah menunjukkan langkah sigapnya  merespon semakin tingginya demand akan kebutuhan rumah yang layak huni, serta dukungannya Program Satu Juta Rumah yang sejatinya memerlukan dana  yang besar,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Riau Kepri, Irvandi Gustary, mengungkapkan bahwa kerjasama tersebut, selain mendorong peningkatan sumber dana jangka panjang dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga keuangan dalam menyalurkan KPR, juga semakin mengoptimalkan peran tersebut sebagai penyalur KPR di daerah.

Kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang sebelumnya ditandatangani kedua belah pihak. Hingga saat ini SMF telah menjalin kerjasama refinancing dengan 9 BPD, yaitu Bank DKI, Bank Nagari, BPD NTB, BPD Kalsel, BPD Kalbar, BPD DIY, BPD Jateng, BPD Sumut, dan Bank Riau Kepri.

Rahajo Adisusanto, berharap Bank Pembangunan Daerah lainnya dapat bersinergi dengan SMF untuk mendukung program kepemilikan rumah yang layak dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia.  beliau mengatakan bahwa BPD mempunyai  kelebihan untuk menjadi penyalur utama di daerahnya, BPD cenderung dapat lebih spesifik dan mengenal karakteristik masyarakat di daerahnya masing-masing.

“Tingginya minat akan perumahan, merupakan pangsa pasar yang besar bagi BPD, khususnya dalam memfasilitasi masyarakat yang membutuhkan hunian yang layak. Hal ini sesuai dengan visi misi transformasi BPD, untuk itu kami siap membantu BPD dengan penyediaan dana jangka panjang dan peningkatan kapasitas,” tegasnya.

×