HFIS
PT. SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO)

Press Release / 26 August 2016

SMF dan Bank Mandiri Catatkan EBA-SP SMF- BMRI 01 di Pasar Modal

SMF dan Bank Mandiri Catatkan EBA-SP SMF- BMRI 01 di Pasar Modal

Jakarta, Jum’at (26/8) – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF, melakukan pencatatan atas Efek Beragun Aset, berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) “SMF-BMRI 01” di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan rating AAA dari PT. Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), pada Jum’at (26/8).

Pencatatan EBA-SP KPR SMF-BMRI 01 tersebut merupakan hasil kerja sama sekuritisasi asset senilai Rp500 miliar antara SMF dengan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Hadir dalam penerbitan tersebut Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo, dan Direktur Finance & Treasury  Bank Mandiri, Pahala N. Mansury.

Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo, mengungkapkan rasa syukur atas penerbitan EBA-SP KPR SMF-BMRI 01 di Pasar Modal tersebut. “Transksi ini merupakan upaya kami dalam menciptakan market widening di Pasar Modal kita. EBA-SP sebagai diversifikasi investasi bagi pemodal, dalam menyediakan dana jangka panjang bagi penyalur KPR, sebagai solusi bagi maturity mismatch,” kata Ananta Wiyogo.

Ananta mengungkapkan bahwa SMF optimis kehadiran instrument EBA-SP, dapat ikut memperkuat pasar keuangan Indonesia, dan mendukung pengembangan basis investor domestik. “Investor akan semakin yakin akan efek ini, karena efek ini penerbitnya adalah SMF yang dimiliki 100 persen oleh pemerintah yang ditugaskan khusus untuk mengembangkan Pasar Pembiayaan Sekunder Perumahan,”kata Ananta.

Direktur Finance & Treasury Bank Mandiri, Pahala N. Mansury menuturkan bahwa Bank Mandiri melakukan sekuritisasi asset dalam rangka diversifikasi sumber pendanaan untuk mendukung wholesale funding strategy guna memperoleh sumber dana yang bersifat jangka panjang. Penerbitan EBA-SP sebagai sumber pendanaan jangka panjang ini merupakan bentuk partisipasi Bank Mandiri untuk pembiayaan proyek-proyek infrastruktur pemerintah yang umumnya juga bersifat jangka panjang. Selain itu, Pahala juga menuturkan bahwa melalui penerbitan EBA SP ini Bank Mandiri dan SMF juga dapat ikut berperan aktif mendukung program 1 juta rumah pemerintah dengan memberikan alternatif pembiayaan perumahan ditengah ketatnya likuiditas perbankan serta memberikan peluang kepada Investor untuk mendukung program Pemerintah dalam memberikan pembiayaan perumahan dan sebagai alternatif investasi bagi dana repatriasi dari program tax amnesty.

Sampai saat ini SMF telah melakukan 9 (Sembilan) kali transaksi sekuritisasi, dimana seluruhnya mendapatkan rating idAAA dari Pefindo. Sedianya rating tersebut mencerminkan kualitas yang sangat baik efek hasil sekuritisasi.

×