HFIS
PT. SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO)

News / 27 June 2012

Fitch Beri Peringkat AA ke Obligasi SMF

JAKARTA – Fitch Ratings menegaskan peringkat nasional jangka panjang dan obligasi senior jangka panjang rupiah PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) (SMF) di level AA(idn) dengan prospek stabil.

Peringkat Nasional Jangka Pendek dan surat utang jangka menengah juga telah ditegaskan di F1+(idn).

“Penegasan ini mencerminkan pandangan Fitch atas dukungan kuat dari pemerintah yang terbukti dengan tambahan modal Rp1 triliun di Desember 2011. Dukungan ini didasarkan pada 100 persen kepemilikan pemerintah dan peranan kebijakan SMF dalam mengembangkan pasar perumahan sekunder di Indonesia,” demikian seperti dikutip dari siaran pers Fitch, Jakarta, Rabu (27/6/2012).

Tekanan penurunan peringkat, dijelaskan Fitch, mungkin timbul dari penurunan peringkat pemerintah atau dilusi kecenderungan pemerintah untuk menyediakan dukungan keuangan kepada SMF.

“Pinjaman ke bank dan perusahaan keuangan tumbuh menjadi Rp3,5 triliun di kuartal pertama 2012 dan Rp2,5 triliun di 2011 dari bertambahnya permintaan kredit pinjaman rumah di tengah kondisi suku bunga yang rendah,” tambah Fitch.

Lembaga pemeringkat asal Singapura ini meyakini, SMF dapat meningkatkan portofolio pinjaman sebesar Rp2 triliun di 2012, didukung oleh ekuitas dan penerbitan surat utang.

Sumber: okezone.com

×