HFIS
PT. SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO)

Berita / 14 Maret 2018

Optimalkan Manajemen Pengelolaan Arsip, SMF Lakukan Studi Banding Ke KAI

 

Bandung 14 Maret 2018 – SMF melakukan kunjungan studi banding terkait manajemen pengelolaan arsip ke PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI di Jalan Perintis Kemerdekaan No.1 Bandung, pada Rabu (14/3/2018). Dalam kunjungan tersebut, Delegasi SMF yang dipimpin oleh Sekretaris Perusahaan SMF, Bonai Subiakto disambut  oleh Vice President Corporate Document Management KAI, Wahyu Budyanto Siswantono, beserta jajarannya.

Kunjungan tersebut merupakan salah satu bentuk sinergi lintas BUMN, khususnya dalam hal sharing knowledge pengelolaan dan manajemen kearsipan  yang merujuk kepada tata kelola perusahaan yang baik. Dalam kunjungan tersebut Delegasi SMF berkesempatan meninjau Gedung Arsip KAI, termasuk lokasi penyimpanan arsip yang unik yaitu di bunker yang dibuat pada zaman penjajahan.

Sekretaris Perusahaan SMF, Bonai Subiakto, mengatakan bahwa saat ini Perseroan tengah meningkatkan awareness pengelolaaan dan manajemen kearsipan di internal SMF. Menurutnya hal tersebut merupakan salah satu komitmen  SMF dalam mendukung terciptanya tata kelola perusahaan yang baik (GCG) demi meningkatkan kinerja dan akuntabilitas Perseroan.

KAI merupakan BUMN dengan manajemen pengelolaan arsip terbaik di Indonesia, hal tersebut terbukti dengan banyaknya pengakuan yang diterima, seperti penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Award di tahun 2017, untuk kategori Unit Kearsipan Terbaik Nasional Kategori Badan Usaha Milik Negara.

Terkait pengelolaan arsip di internal, KAI sendiri mengelola lebih dari satu juta lembar arsip, belasan ribu buku, dan puluhan ribu folder yang terdiri dari arsip aktif, inaktif, dan vital. Selain itu KAI juga harus mengelola, menjaga dan merawat arsip vital yang umurnya mencapai 150 tahun berupa gronkaart yang menunjukkan kepemilikan aset perusahaan.

 

×