HFIS
PT. SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO)

Berita / 19 Maret 2018

Kunjungan ke Tembi, Desa yang Menjadi Magnet Wisman di Selatan Jogja

Bantul, Yogyakarta – Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan RI, Isa Rachmatarwata, Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo, Presiden/CEO Cagamas, Datuk Chung Chee Leong, bersama jajaran Kementerian Keuangan RI dan Kementerian PUPR, perwakilan dari Manajemen SMF dan Cagamas, melakukan kunjungan ke Desa Wisata Tembi, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Senin (19/3).

Dalam kunjungannya tersebut, rombongan yang didampingi oleh perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan tokoh masyarakat Desa Tembi, diajak berkeliling meninjau perkampungan homestay Desa Tembi yang telah berdiri sejak tahun 2010 tersebut. Desa Tembi merupakan salah satu desa homestay percontohan yang dibina oleh Kementerian Pariwisata.

Desa ini dihuni oleh 963 jiwa, 309 kepala keluarga (KK),  dimana 30% penduduknya merupakan pelaku pariwisata. Hingga saat ini Desa Tembi memiliki 92 KK homestay non AC dan 22 room homestay ber AC. Kearifa lokal dan suasana desa yang ramah dan bersahaja memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan yang datang, ditambah lagi dengan pondok-pondok yang telah ditata rapih, bersih, sederhana, namun elegan. Tak heran desa ini terus didatangi para wisatawan domestik dan mancanegara, pada tahun 2017 kunjungan wisatawan mencapai 7.919 orang.

×