HFIS
PT. SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO)

Berita / 17 Oktober 2010

SMF segera rilis produk penjaminan KPR

Oleh: Anggi Oktarinda (www.bisnis.com)

PURWAKARTA, Jabar: PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) akan mengembangkan produk pembiayaan kepemilikan rumah berupa mortgage guarantee (penjaminan kredit pemilikan rumah) untuk memudahkan masyarakat saat mengajukan KPR.

Direktur Sarana Multigriya Finansial (SMF) Sutomo mengatakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan desain bentuk mortgage guarantee. Salah satu opsi yang berkembang adalah SMF menyediakan mortgage guarantee sebesar 20%.

“Namun yang pastinya belum diputuskan. Yang jelas kami berkomitmen agar kredit pemilikan rumah [KPR] dapat diakses lebih luas oleh masyarakat,” katanya di sela-sela Media Workshop di Purwakarta, akhir pekan lalu.

Dia mengungkapkan untuk memperkuat struktur permodalan perseroan, pada tahun depan pihaknya mendapat suntikan modal disetor senilai Rp1 triliun yang antara lain akan dialokasikan untuk pembiayaan KPR.

Menurutnya tugas SMF adalah menjembatani aliran dana dari pasar modal ke sektor pembiayaan rumah melalui lembaga atau bank yang memiliki KPR. “Makin besar equity, makin tinggi kemampuan SMF untuk menjalankan fungsi mediasi. Kami bisa salurkan dulu, nanti cari dari emisi obligasi.”

Sampai akhir Juni 2010, SMF telah menyalurkan dana sebesar Rp2,35 triliun untuk membiayai sebanyak 82.043 KPR, tumbuh signifikan dari total penyaluran dana KPR pada 2009 yang mencapai Rp1,84 triliun untuk membiayai sebanyak 62.529 KPR.

Perseroan memroyeksikan penyaluran dana KPR sampai dengan akhir Desember 2010 dapat mencapai Rp3,35 triliun untuk membiayai sebanyak 110.000 KPR.

Dia mengakui penyebaran dana untuk KPR di Tanah Air masih rendah. “Kalau sudah Rp5 triliun-Rp10 triliun penyebarannya, saya kira cukup ideal,” ujarnya. (yus)

×