HFIS
PT. SARANA MULTIGRIYA FINANSIAL (PERSERO)

Berita / 5 Februari 2018

SMF Bidik Emisi Obligasi Rp 6 T

JAKARTA – PT Sarana Multigriya Financial atau SMF berencana menerbitkan obligasi senilai Rp 6 triliun sepanjang tahun ini. Sedangkan bookbuildingemisi obligasi perdana perseroan tahun ini senilai Rp 2 triliun telah dituntaskan pada akhir bulan lalu dan ditargetkan listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) bulan ini.

 Direktur SMF Heliantopo mengatakan, perseroan menargetkan emisi obligasi dalam tiga tahap pada 2018. Di antaranya, Januari, April, dan September 2018. Seluruh dana hasil emisi surat utang tersebut akan digunakan untuk mendukung penyaluran pembiayaan. SMF, tambah dia, cenderung memilih menggunakan dana internal yang diperoleh dari pelunasan pembiayaan untuk melunasi pinjaman yang jatuh tempo.

 “Misalnya obligasi senilai Rp 2 triliun yang baru kami terbitkan hanya dimanfaatkan untuk ekspansi, bukan pembiayaan kembali (refinancing). Dana ini akan bertujuan untuk mendukung penyediaan hunian yang layak dan terjangkau bagi masyarakat,” ujar Heliantopo kepada Investor Daily di Jakarta, Kamis (1/2).

 Menilik data PT Kustodian Sentral Efek (KSEI) pada 31 Januari lalu, SMF menggelar penawaran umum berkelanjutan (PUB) obligasi IV tahap III tahun 2018 senilai Rp 2 triliun. Penerbitan PUB tersebut terdiri dalam tiga seri, dengan rentang tingkat bunga 6-6,95% dan kisaran tenor 370 hari sampai lima tahun.

Data tersebut juga mengungkap bahwa sebanyak lima seri obligasi SMF akan jatuh tempo senilai Rp 2,55 triliun tahun ini. Seri obligasi SMF yang jatuh tempo dalam waktu dekat dengan nilai pokok Rp 1,44 triliun pada Maret 2018.

Sumber :

Investor Daily

×